Lumira International Lumira adalah IT Contractor di bidang Jasa Pembuatan Aplikasi Custom Profesional Android & iOS di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung & Surabaya. Memiliki kualitas Mobile Apps Development kelas dunia serta dilengkapi dengan Engineer yang handal & berpengalaman.

Jasa Pembuatan Aplikasi Android dan iOS Native & Hybrid Profesional

7 min read

Aplikasi mobile kini sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan orang modern. Ada banyak jenis aplikasi yang beredar di luar sana. Menentukan jenis aplikasi yang tepat dan mengkategorikannya berdasarkan fungsi dan kegunaannya merupakan hal yang wajib Anda tentukan. Penyedia jasa pembuatan aplikasi Android dan iOS yang berkualitas akan menyediakan pengembangan beragam jenis aplikasi.

Memahami jenis-jenis aplikasi memberikan Anda keuntungan berupa pengetahuan dan pertimbangan yang akan berpengaruh pada pengembangan aplikasi bisnis Anda. Tidak semua aplikasi memiliki karakter dan proses pengembangan yang sama. Anda bisa menjadikan jenis-jenis aplikasi ini inspirasi dan referensi mengenai bagaimana aplikasi bisnis Anda akan dibuat, dikembangkan, dikoreksi, untuk kemudian dirilis secara resmi.

6 Jenis Aplikasi Mobile

jasa pembuatan aplikasi android dan ios
jasa pembuatan aplikasi android dan ios

Dikutip dari Duckma, berikut adalah 6 jenis aplikasi mobile berdasarkan fungsinya yang umum Anda temukan.

1. Aplikasi Gaya Hidup

Lifestyle apps atau disebut juga Aplikasi gaya hidup adalah aplikasi yang memberikan bantuan dan dukungan penggunanya dalam untuk menjalani kehidupan sehari-harinya dengan lebih baik. Aplikasi ini akan membantu penggunanya menemukan restoran terbaik di kotanya, rekomendasi tren diet, tempat nongkrong populer, dll.

2. Media Sosial Aplikasi

Aplikasi jenis ini tentu tidak perlu mendapatkan penjelasan panjang lebar. Medsos apps ini akan membantu Anda membangun jaringan bisnis, pertemanan, menemukan kawan lama, membagikan momen-momen tidak terlupakan, dll. Aplikasi medsos ini mudah dioperasikan, menyenangkan, dan tidak lemot.

3. Aplikasi Utility

Aplikasi ini biasanya merupakan aplikasi yang sudah terpasang di ponsel banyak orang dan merupakan aplikasi bawaan sistem operasi yang digunakan. Isi dari aplikasi ini biasanya berupa kalkulator, aplikasi cuaca, tanggal dan penjadwalan, dll. Dilihat dari sisi ekonomi, jenis aplikasi ini tidak begitu menguntungkan.

4. Aplikasi Produktivitas

Aplikasi ini biasanya menyasar secara spesifik bidang tertentu, misalnya aplikasi pengelolaan keuangan, aplikasi dokumen dan perkantoran, aplikasi desain, dll. Sepintas aplikasi ini tampak boring. Namun, justru aplikasi ini adalah aplikasi yang paling dibutuhkan kalangan profesional. Sebuah kontraktor IT yang berkualitas menyediakan jasa pembuatan aplikasi Android dan iOS dengan tipe aplikasi produktivitas yang beragam.

5. Aplikasi Berita

Aplikasi ini akan menyuplai Anda dengan informasi terkini dan fitur-fitur intelektual lainnya. Ada juga seksi opini dimana Anda dapat menyuarakan pendapat masing-masing. Aplikasi ini biasanya memiliki desain yang ringkas dan tidak banyak efek atau animasi visual yang kompleks.

6. Aplikasi Hiburan

Banyak pebisnis dan pengembang aplikasi menyasar aplikasi jenis ini untuk dibuat dan dikembangkan. Bagaimana tidak, aplikasi ini memang cukup menguntungkan. Jumlah penggunanya cukup tinggi dengan frekuensi pemakaian yang juga tinggi. Aplikasi hiburan tidak semata menampilkan musik, film, atau video. Game baik offline maupun online juga masuk dalam kategori aplikasi hiburan.

Beda Aplikasi Beda Proses Pengembangan

Proses pengembangan aplikasi mobile tidak selalu sama. Berbeda jenis, berbeda juga cara mengembangkannya. Tidak semua kontraktor IT menyediakan pengembangan aplikasi berbagai jenis. Menentukan tipe aplikasi apa yang akan Anda buat merupakan langkah awal jika Anda ingin memanfaatkan aplikasi mobile untuk kesuksesan produk Anda. Lumira sebagai kontraktor IT yang profesional menyediakan pengembangan beragam jenis aplikasi.

Perusahaan jasa pembuatan aplikasi Android dan iOS satu ini menawarkan pengembangan aplikasi keuangan, aplikasi inventory, aplikasi ecommerce, aplikasi F&B portable, aplikasi perjalanan, dan masih banyak lagi. Lumira juga menyediakan jasa pengembangan website dan kampanye SEO. Selain dibuat dan dikembangkan, aplikasi yang akan Anda buat akan didesain sesuai dengan citra produk yang Anda inginkan.

Karakteristik dan Contoh Setiap Jenis Aplikasi

Setiap jenis aplikasi yang sering kita temukan biasanya memiliki ciri-ciri atau karakteristik khusus. Aplikasi hiburan tentu akan memberikan fitur-fitur yang berbeda dengan aplikasi utility. Salah satu contoh aplikasi hiburan adalah games. Aplikasi ini membutuhkan tampilan grafis yang bagus dengan konten permainan yang seru. Sementara untuk aplikasi utility hanya perlu memaksimalkan kegunaan.

Untuk lebih jelas mengenai apa saja karakteristik dari setiap jenis aplikasi yang sudah disebutkan sebelumnya, berikut adalah penjelasannya.

1. Karakteristik Aplikasi Gaya Hidup

Karakteristik utama dari jenis aplikasi ini adalah tampilan antar mukanya yang simpel dan mudah untuk diakses. Selain karena menyangkut gaya hidup, aplikasi ini sering digunakan setiap hari karena berisi himbauan atau tips untuk dilakukan setiap hari agar tujuan yang ingin dicapai dapat terwujud. Aplikasi yang sering digunakan adalah jenis aplikasi kesehatan.

Contoh : Halodoc, Google Fit, Runtustic, dll

2. Karakteristik Aplikasi MedSos

Bersama dengan aplikasi hiburan, aplikasi media sosial adalah jenis aplikasi yang memiliki pengguna yang sangat besar jika dibandingkan dengan jenis aplikasi lain. Karakteristik utamanya adalah fitur add friend atau saling follow antar pengguna. Sehingga akan terjalin pola interaksi yang dikemas secara digital serta dapat saling berbagi informasi di timeline.

Contoh : Instagram, Facebook, Twitter, dll.

3. Karakteristik Aplikasi Utility

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, aplikasi jenis ini biasanya berupa aplikasi seperti kalender, kalkulator, cuaca dan sebagainya. Ciri utamanya adalah tampilannya yang simpel serta fungsional. Sehingga aplikasi jenis ini tidak harus memiliki fitur yang beraneka ragam dan cukup memaksimalkan pengalaman penggunaannya saja.

Contoh : Google Kalender, Kalkulator, aplikasi cuaca.

4. Karakteristik Aplikasi Produktivitas

Banyak orang menggunakan aplikasi jenis ini untuk dapat membuat dirinya lebih baik dan semakin produktif. Biasanya jenis aplikasi ini berisi aplikasi seperti To do list, Notes, reminder, dll. Ciri utamanya tentu aplikasi ini harus mudah digunakan dan dapat mengorganisir berbagai kegiatan atau catatan penggunanya saat dibutuhkan.

Contoh : Google Keep, Evernote, Trello, dll.

5. Karakteristik Aplikasi Berita

Aplikasi berita biasanya dibuat dengan tampilan yang mudah dibaca, nyaman untuk berpindah halaman, serta memiliki kolom pencarian agar memudahkan pengguna dalam mencari berita. Fitur-fitur tersebut harus ada karena fokus utama dari aplikasi ini adalah menyampaikan informasi dengan tetap nyaman saat diterima dan dibaca oleh pengguna.

Contoh : Babe – Baca Berita, CNN Indonesia – Berita Terkini, dll.

6. Karakteristik Aplikasi Hiburan

Aplikasi ini biasanya berupa aplikasi streaming video seperti Youtube, streaming musik seprti Spotify atau Joox, serta games. Aplikasi musik atau video biasanya menyajikan halaman menu yang lengkap dengan konten yang disediakan. Serta adanya kolom pencarian untuk memudahkan penggunanya menemukan lagu atau video yang mereka cari.

Untuk games, biasanya akan ditampilkan dengan grafis yang keren dan tentunya konsep permainan yang seru dan bisa membuat orang mau untuk memainkannya lagi dan lagi.

Contoh : Youtube, Spotify, PUBGM, Mobile Legend, dll.

Android dan iOS yang Terus Berkembang

Versi Android yang terus diperbarui oleh perusahaan pengembangnya yaitu Google kini sudah mencapai tipe Android Pie. Banyak fitur baru ditambahkan, sehingga pengguna dapat lebih interaktif saat menggunakan smartphone. Untuk iOS sendiri sudah mencapai versi iOS 13 dengan tambahan beberapa fitur menarik yang tidak kalah dengan Android.

Dengan selalu diperbaruinya versi sistem operasi di sebuah smartphone, aplikasi juga harus mengikutinya. Hal itu agar aplikasi yang terpasang di dalamnya dapat memanfaatkan banyak fitur yag telah disediakan. Maka dari itu, aplikasi harus terus dikembangkan agar tetap bisa berjalan maksimal di smartphone. Dengan begitu, pengguna akan tetap merasa nyaman setiap kali aplikasi dibuka.

Agar keinginan membuat aplikasi dapat terwujud, selain harus mempelajari tentang sistem operasi Android Anda juga harus mempelajari sistem operasi iOS. Sehingga nantinya aplikasi tersebut dapat berjalan maksimal di kedua sistem operasi tersebut. Namun bagi Anda yang tidak ingin dipusingkan dengan hal itu, menggunakan jasa pembuatan aplikasi Android dan iOS dapat dilakukan.

Maksimalkan Pendapatan dengan Aplikasi

Jika Anda ingin membuat sebuah aplikasi, jenis yang bisa dimaksimalkan untuk keperluan bisnis adalah aplikasi seperti online shop, aplikasi hiburan seperti games dan sebagainya. Meski begitu, semua jenis aplikasi sebenarnya bisa untuk dikomersilkan. Hanya saja, aplikasi tersebut harus memiliki fungsi yang jelas dan bisa memicu banyak orang untuk menggunakannya.

Selain dengan menerapkan transaksi di dalam aplikasi itu sendiri, Anda juga bisa membuat aplikasi yang menerapkan sistem berbayar. Sehingga, pengguna harus membayar sejumlah harga tertentu agar bisa mengunduh dan menggunakan aplikasi tersebut. Banyak sekali perusahaan aplikasi yang menerapkan sistem ini dan cukup efektif.

Jika ingin menerapkan sistem free download, pastikan Anda merancang skema yang membedakan antara pengguna versi free dengan pengguna versi berbayar atau berlangganan. Sehingga, jika fitur-fitur dalam aplikasi itu menarik, tentu akan semakin banyak orang yang menggunakan versi berbayar dibanding menggunakan versi gratisnya.

Aplikasi yang cukup sukses menggunakan skema ini adalah Photoshop, Viva Video, dll. Saat ini pengembang aplikasi juga sudah semakin banyak yang menggunakan skema tersebut untuk memasarkan aplikasinya. Beberapa diantaranya adalah aplikasi kasir yang marak di Indonesia. Aplikasi ini menyasar kalangan UMKM yang kesulitan dalam urusan pencatatan transaksi bisnis.

Sasaran yang sangat pas mengingat saat ini geliat UMKM sedang mendapat perhatian lebih dari pemerintah Indonesia. Jika aplikasi tersebut sudah sangat dekat dengan mereka, bukan tidak mungkin aplikasi tersebut akan semakin banyak digunakan oleh perusahan-perusahan mikro dengan versi berbayarnya. Tentu ini sangat menjanjikan bagi perusahaan pengembang aplikasi tersebut.

Tahapan Untuk Membuat Sebuah Aplikasi

Agar aplikasi yang Anda buat bisa diterima dan digunakan oleh banyak orang, Anda perlu melakukan beberapa langkah untuk dapat menemukan aplikasi seperti apa yang bisa diterapkan untuk sasaran pengguna Anda. Berikut beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan sebelum membuat aplikasi Android ataupun iOS.

1. Buat Konsep Terlebih Dahulu

Tahap awal yang harus Anda lakukan adalah membuat konsep aplikasinya terlebih dahulu. Apa yang bisa dimanfaatkan dari dibuatnya aplikasi tersebut, permasalahan apa yang ingin diselesaikan, serta bagaimana aplikasi ini akan bekerja. Pertanyaan-pertanyaan tersebut harus bisa dijawab saat membuat konsep untuk aplikasi yang akan dibuat

2. Lakukan Riset

Tahap berikutnya adalah dengan melakukan riset terhadap kondisi pasar saat ini. Apakah aplikasi Anda bisa memecahkan masalah orang-orang, bagaimana tanggapan masyarakat terhadap aplikasi lain yang sejenis. Dengan begitu, Anda dapat membuktikan ide awal tentang aplikasi yang ingin dibuat atau menggali sebanyak-banyaknya informasi umum.

3. Kenali Siapa Pengguna Aplikasi Anda

Ini adalah hal yang paling penting untuk dikaji dan dimatangkan. Mengenali siapa pengguna aplikasi yang Anda buat akan memudahkan Anda dalam menentukan jenis aplikasi apa yang cocok untuk mereka, fitur apa saja yang harus ada di dalamnya, serta bagaimana aplikasi itu akan dioperasikan. Semua itu harus dipikirkan secara matang.

Aplikasi yang ditujukan untuk anak-anak, dewasa ataupun orang tua tentu memerlukan pendekatan yang berbeda. Anak-anak akan senang dengan aplikasi yang interaktif dan memicu imajinasinya. Sedangkan orang dewasa akan senang dengan aplikasi yang kaya akan fitur, memiliki manfaat yang banyak dan terintegrasi dengan berbagai aspek penunjang.

4. Buatlah Blueprint

Setelah menentukan siapa pengguna aplikasi yang akan Anda buat, selanjutnya adalah membuat sebuah blueprint. Yaitu dengan menuangkan konsep yang sudah Anda buat sebelumnya ke dalam sebuah desain tampilan yang lebih real. Buatlah gambaran yang jelas tentang peletakan tombol, tampilan menu atau apapun yang berkaitan secara lebih detail.

5. Eksekusi Blueprint dan Buatlah Back End

Pada tahap ini, Anda harus menentukan program seperti apa yang bisa diterapkan pada aplikasi yang sudah Anda rancang. Bagaimana data akan dikoleksi dan sebagainya. Di tahap ini Anda bisa menggunakan bantuan beberapa aplikasi untuk memudahkan dalam proses programming aplikasi yang Anda buat.

6. Uji Coba Aplikasi

Setelah semua aspek berhasil dibuat. Sebuah prototype dari aplikasi yang Anda buat sudah bisa diuji coba. Biasanya masih terdapat beberapa bug atau ketidaknormalan pada prototype tersebut. Itulah mengapa pentingnya melakukan uji coba. Anda juga bisa melibatkan pengguna untuk menguji aplikasi dengan meluncurkan versi betanya.

Tidak Perlu Mengembangkan Sendiri

Setelah mengetahui beberapa tahapan pembuatan aplikasi di atas, tentu Anda sudah dapat gambaran tentang bagaimana proses dari aplikasi masih berupa konsep hingga akhirnya bisa digunakan oleh pengguna. Anda sebenarnya tidak perlu dipusingkan dengan hal tersebut, karena Anda tidak perlu melakukannya seorang diri.

Agar lebih mudah dalam membuat aplikasi, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan aplikasi Android dan iOS yang sudah profesional di bidangnya. Sehingga aplikasi yang dibuat akan lebih berkualitas dan kecil kemungkinan terjadi bug. Selain itu, jam terbang mereka sudah cukup tinggi dan telah berhasil membuat banyak aplikasi untuk perusahaan ternama.

Bayangkan saja jika harus membuat aplikasi sendiri tanpa bantuan dari pihak profesional, tentu akan berakibat pada waktu pengerjaan yang cukup lama dan tidak menjamin aplikasi tersebut akan berjalan dengan lancar. Untuk itu, memilih perusahaan IT sebagai mitra pembuatan aplikasi yang tepat adalah kunci awal kesuksesan Anda

Ikutilah Event-Event Startup atau Pameran Aplikasi

Dengan selalu aktif pada gelaran startup dan pameran aplikasi dapat membantu Anda dalam menjalin networking. Hal ini bisa menjadi batu loncatan untuk mengenalkan aplikasi Anda ke wilayah yang lebih luas. Selain itu, event-event semacam ini akan memberikan pendampingan terhadap aplikasi-aplikasi baru untuk bisa lebih berkembang.

Oleh karena itu, pastikan Anda selalu update mengenai event-event semacam ini. Dapat dengan cara melalui media sosial atau berbagai informasi baik online maupun offline. Semakin sering Anda terlibat pada kegiatan semacam ini, akan semakin besar pula peluang Anda mengenalkan aplikasi ke lebih banyak lagi pengguna. Karena itu akan sangat berpengaruh pada perkembangan bisnis Anda ke depan.

Tidak sedikit aplikasi yang berasal dari event-event semacam ini yang akhirnya mendapatkan investor. Dengan adanya investor, tentu proses pengembangan aplikasi akan semakin mudah karena mendapat dukungan dana yang cukup besar.

Lumira International
Lumira International Lumira adalah IT Contractor di bidang Jasa Pembuatan Aplikasi Custom Profesional Android & iOS di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung & Surabaya. Memiliki kualitas Mobile Apps Development kelas dunia serta dilengkapi dengan Engineer yang handal & berpengalaman.

Hai, ada yang bisa di bantu ?

Chat with us on WhatsApp