Lumira International Lumira adalah IT Contractor di bidang Jasa Pembuatan Aplikasi Custom Profesional Android & iOS di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung & Surabaya. Memiliki kualitas Mobile Apps Development kelas dunia serta dilengkapi dengan Engineer yang handal & berpengalaman.

Jasa Pembuatan Aplikasi & Web eCommerce Online Delivery Terbaik

7 min read

jasa pembuatan aplikasi eCommerce

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan membuat aplikasi mobile toko online. Saat ini, website toko online dirasa tidak cukup untuk meningkatkan jangkauan produk sekaligus meningkatkan penjualan. Aplikasi mobile tidak hanya berperan sebagai toko online, tetapi juga sebagai media untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh konsumen. Memilih jasa pembuatan aplikasi ecommerce yang berpengalaman merupakan hal yang wajib.

Kesuksesan bisnis toko online Anda dimulai dari seberapa baik aplikasi ecommerce yang Anda buat. Ada 2 faktor yang menentukan apakah aplikasi ecommerce Anda diterima pasar. Ke-2 faktor tersebut adalah seberapa mudah aplikasi tersebut dapat digunakan dan seberapa tepat Anda menampilkan brand bisnis Anda kepada konsumen. Selain jangkauan dan penjualan, ada banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dari aplikasi ecommerce.

5 Keuntungan Aplikasi Ecommerce

Jasa Pembuatan Aplikasi eCommerce

Paling tidak, terdapat 5 keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki dan mengembangkan aplikasi toko online. Berikut adalah 5 keuntungan aplikasi ecommerce yang dapat dimanfaatkan untuk kesuksesan bisnis Anda.

1. Memudahkan Konsumen

Aplikasi mobile ini dapat didownload melalui Apple App Store dan Google Play Store. Selain itu, Anda bisa menyediakan aplikasi ini beragam website, termasuk website toko online Anda. Adanya aplikasi ini akan memudahkan konsumen untuk melihat, melakukan eksplorasi, dan tentunya membeli produk yang Anda tawarkan. Memiliki aplikasi ecommerce jelas akan meningkatkan penjualan.

2. Pemasaran Optimal

Anda dapat dengan mudah dan terstruktur mengirim informasi dan notifikasi mengenai promo, diskon, dan acara-acara lain yang berkaitan dengan pemasaran produk. Jika dilakukan dengan tepat dan sesuai dengan kelompok konsumen, cara ini terbukti mampu menarik perhatian konsumen. Bukan hanya itu, tingkat konversinya juga tinggi.

3. Desain Atraktif

Desain atraktif yang Anda pilih pada aplikasi ecommerce Anda terbukti mampu membuat konsumen nyaman dan kagum. Dalam perspektif konsumen, desain yang atraktif mampu meningkatkan kemungkinan membeli produk. Bekerja sama dengan perusahaan jasa pembuatan aplikasi ecommerce memungkinkan Anda untuk menampilkan aplikasi ecommerce dengan desain yang atraktif dan user interface yang mudah serta interaktif.

4. Alat Riset Konsumen

Aplikasi ecommerce dapat juga menjadi alat riset yang mampu menemukan dan menganalisis perilaku konsumen. Konsumen yang memiliki dan menggunakan aplikasi ini tentu akan melakukan pencarian, memilih, dan melakukan penilaian pada setiap produk yang Mereka minati. Setiap perilaku akan terekam. Data perilaku konsumen tersebut bisa Anda manfaatkan untuk menentukan strategi bisnis Anda di masa depan.

5. Meningkatkan Loyalitas

Ada banyak cara yang bisa Anda terapkan pada aplikasi ecommerce untuk meningkatkan loyalitas Mereka pada brand bisnis maupun produk yang Anda tawarkan. Anda bisa menawarkan semacam hadiah dalam bentuk poin dan program pemasaran yang mampu berinteraksi dengan konsumen secara personal. Hal tersebut akan membuat konsumen lebih dihargai dan diapresiasi sehingga menimbulkan loyalitas terhadap brand bisnis Anda.

13 Fitur yang Wajib Ada pada Aplikasi Ecommerce Anda

Pasca mengetahui besarnya manfaat dan keuntungan yang didapatkan dengan memiliki dan mengoptimalkan aplikasi ecommerce, pembuatan aplikasi tersebut tentu perlu dilakukan. Yang dibahas dan diperdebatkan kemudian adalah bagaimana menciptakan sebuah aplikasi ecommerce yang tidak hanya layak pakai tetapi juga mampu menopang semua aktivitas bisnis perusahaan Anda. Hal tersebut bukan perkara mudah.

Anda perlu memahami bahwa terdapat fitur-fitur yang wajib ada pada sebuah aplikasi ecommerce untuk kemudian aplikasi tersebut dapat dikatakan sebagai aplikasi berkualitas. Fitur-fitur yang nantinya Anda akan pasang harus mampu meningkatkan penjualan, membangun loyalitas konsumen, dan memberikan Anda banyak manfaat bisnis. Jangan khawatir, provider jasa pembuatan aplikasi ecommerce yang profesional pasti memikirkan hal tersebut.

Dirangkum dari The Droid on Roids, berikut adalah 13 fitur yang wajib ada pada aplikasi ecommerce Anda.

1. Registrasi dan Login yang Mudah

Permudah akses pengguna dengan membuat formulir login dan registrasi yang sederhana dan singkat. Pada formulir registrasi, jangan berikan kolom pengisian data yang tidak diperlukan sama sekali. Selain melalui email, jika perlu perbolehkan login melalui akun media sosial. Mudahnya mengakses akun akan meningkatkan konversi. Pengguna berharap dapat mengakses akun secepat mungkin, dan jika dipenuhi, Anda mendapat nilai plus.

2. Deskripsi Produk yang Mendetail

Deskripsi produk yang mendetail sangat penting. Memang, sepintas orang terlihat hanya tertarik pada gambar saja. Anggapan yang keliru adalah membaca produk detail adalah hal yang membosankan dan kemungkinan tidak dilakukan oleh banyak pengguna. Anggapan tersebut sebenarnya sebuah kekeliruan. Detail informasi produk diperlukan untuk memberikan sesuatu yang seharusnya didapatkan oleh konsumen.

Hal tersebut bertujuan memberikan pengalaman yang baik, sesungguhnya, dan mengurangi pengalaman konsumen yang buruk, termasuk risiko salah melakukan pembelian, pengembalian produk, dan rendahnya tingkat kepuasan. Informasi yang bisa disertakan cukup beragam, dari mulai informasi mengenai material, ukuran, hingga informasi pendukung lainnya. Pastikan informasi yang ditampilkan akurat, tidak berlebihan atau kekurangan.

3. Penyortiran dan Galeri yang User-Friendly

Seorang konsumen harus mampu menemukan produk yang dicari dengan cepat dan tahu persis bahwa produk tersebut adalah produk yang dicarinya. Bagaimana mewujudkan hal tersebut? Caranya adalah dengan membuat penyortiran dan filter produk yang fungsional dan sederhana. Semakin banyak produk yang dijual maka semakin berat tugas Anda untuk membuat katalog dan penyortiran produk yang akomodatif untuk konsumen.

Konsumen yang kebingungan berpotensi tidak membeli. Untuk memastikan produk tersebut adalah produk yang dicari, sertakan fitur galeri. Gambar yang ditampilkan harus bervariasi, akurat (produk asli yang dijual), menampilkan produk dari sudut pandang yang berbeda. Jika perlu, Anda bisa menggunakan fitur visualisasi produk tiga dimensi untuk menghadirkan pengalaman yang lebih unik, spesifik, dan mutakhir.

4. Shopping Cart

Fitur wajib ini haram untuk dilewatkan. Memang, tidak semua orang mengoptimalkan fitur ini. Melalui fitur tersebut, konsumen dapat dengan mudah untuk memasukkan dan mengeluarkan produk yang ingin dibeli dan dipertimbangkan lebih jauh. Shopping Cart menawarkan fleksibilitas yang dapat berdampak pada pengalaman konsumen yang positif. Konsumen juga dapat menghemat waktu dengan menggunakan fitur tersebut.

5. Opsi Pengiriman

Fitur opsi pengiriman akan berdampak baik pada pengalaman konsumen. Selain itu, konsumen akan lebih yakin dengan ecommerce Anda dengan ada opsi ini. Sediakan fasilitas pengiriman yang beragam, ketersediaan pengiriman, waktu pengiriman, berapa harga yang harus dibayar, dan waktu produk sampai ke tangan konsumen. Lebih baik lagi jika ditambahkan fitur pelacakan pemesanan yang dapat diakses secara real-time dan langsung.

6. Keamanan Transaksi

Untuk mencapai transaksi yang nyaman, mudah, cepat, dan aman Anda sebaiknya menyediakan in-app payments yang menawarkan metode transaksi yang beragam. Integrasi dan kerjasama dengan beragam vendor transaksi digital mungkin diperlukan. Metode pembayaran yang wajib ada selain kartu kredit dan transfer bank adalah mobile wallets. Pastikan transaksi dapat dilakukan secara privat, rahasia, cepat, dan aman.

7. Desain Daftar Produk

Membuat desain daftar dan katalog produk yang baik memang bukan sesuatu yang mudah. Biasanya, sebuah halaman pencarian dipenuhi oleh atribut atau informasi seperti jumlah produk dalam satu halaman (10/20), rataan harga, dan statistik lainnya. Bijaklah dalam menampilkan informasi tersebut karena tidak jarang hal tersebut memberikan pengalaman negatif. Desain daftar produk yang sederhana dan cepat untuk bisa diakses.

8. Pelacakan, Cek Ketersediaan, dan Opsi Pengembalian

Menyediakan informasi mengenai ketersediaan produk akan memberikan kesan sangat positif bagi konsumen. Pastikan hal tersebut tercantum di aplikasi ecommerce Anda. Konsumen juga harus mampu melacak pesanan. Opsi pengembalian perlu diaplikasikan dengan baik. Kepercayaan konsumen bisa berubah (menjadi buruk) jika Anda tidak menyediakan fitur pengembalian produk yang jelas, transparan, dan jujur.

9. Rekomendasi Produk

Pernahkan Anda membuka aplikasi ecommerce atau toko online lalu kemudian mendapatkan penawaran yang sesuai dengan keinginan? Jika ya, tentu kesan positif dan merasa diperhatikan akan Anda dapatkan. Itulah kenapa, Anda tidak boleh tidak untuk menyertakan fitur rekomendasikan produk. Konsumen yang mendapatkan fitur ini dapat dengan cepat menemukan produk yang relevan dan sesegera mungkin melakukan pembelian.

10. Program Loyalitas

Bagaimana cara menghargai dan mengapresiasi kesetiaan konsumen yang setia membeli produk Anda? Cara paling tepat adalah dengan memberikan diskon dan beragam hadiah lainnya. Hal tersebut tentu tidak selalu dapat dilakukan secara langsung. Buat fitur atau program loyalitas seperti memberlakukan sistem poin, kredit jika melakukan klik iklan, memberikan apresiasi bagi yang melakukan ulasan produk, dan masih banyak lagi.

Agar program loyalitas, termasuk diskon dan flash sales dapat berjalan sempurna, jangan lupa untuk selalu memberikan notifikasi mengenai acara dan penawaran yang akan dilakukan. Diperlukan analisis lebih jauh memang untuk mampu mengidentifikasi perilaku dan selera konsumen. Hal tersebut perlu dilakukan agar program loyalitas dan promosi yang dilakukan tepat sasaran, tepat waktu, dan menghasilkan hasil yang diharapkan.

11. Konten Informatif

Anda bisa memproduksi konten, berupa video, infografis, dan artikel yang membahas produk yang dijual di aplikasi ecommerce Anda. Apa tujuannya? Konten-konten yang dipublikasikan tersebut akan ‘mengantar’ konsumen menemukan produk yang dicarinya. Selain sebagai media pemasaran, konten-konten tersebut bisa menginspirasi konsumen, menimbulkan ketertarikan, dan membuat topik pembicaraan yang bisa viral atau ramai di internet.

12. Ulasan dan Skor Produk

Beberapa pebisnis sengaja tidak menyertakan fitur ini karena tidak percaya diri dan sulit menghadapi realita. Namun, ada manfaat besar dengan menyertakan fitur ulasan dan skor produk. Fitur tersebut akan memudahkan konsumen menemukan produk terbaik. Selain itu, fitur tersebut membuat konsumen berbicara, berdiskusi, dan saling bertukar pengalaman. Bukan tidak mungkin muncul komunitas dan ide bisnis baru yang bisa dieksplorasi.

13. Pelayanan Konsumen yang Responsif dan Mudah Diakses

Interaksi antara konsumen dengan Anda yang diwakili oleh customer service harus dapat dilakukan secepat dan semudah mungkin. Konsumen harus mampu bertanya, melacak keberadaan pesanan, bertanya mengenai opsi pembayaran, dan mengetahui detail produk melalui prosedur yang mudah. Anda bisa menyertakan banyak opsi customer service, baik itu melalui chat, email, telepon, dan bahkan video call jika memang diperlukan.

5 Cara untuk Mengoptimalkan Aplikasi Ecommerce Anda

Pekerjaan Anda belum usai, membuat aplikasi ecommerce dengan fitur-fitur wajib sudah. Sekarang, saatnya Anda mengoptimalkan aplikasi ecommerce yang Anda buat dan kembangkan tersebut. Periode dimana berbisnis dengan ‘sekadar’ aplikasi ecommerce sudah lewat. Dunia bisnis kini sudah dijejali dengan sangat banyak aplikasi ecommerce yang membuat upaya untuk mendapatkan kesuksesan kian hari kian sulit.

Perlu diingat, salah satu indikator utama kesuksesan sebuah aplikasi ecommerce adalah tingkat konversi. Sebaik apakah aplikasi tersebut bisa mengubah pemakai menjadi pembeli. Sebuah aplikasi yang baik saja tidak lah cukup. Untuk meningkatkan tingkat konversi tersebut diperlukan strategi pengoptimalan aplikasi ecommerce yang baik. Dirangkum dari Mcommerce Apps, berikut adalah 5 cara untuk mengoptimalkan aplikasi ecommerce Anda.

1. Rangkul Konsumen

Bagaimana sebuah aplikasi mobile dapat merangkul konsumen? Sederhana saja. Pastikan konsumen dilibatkan dalam setiap jasa yang Anda tawarkan. Misalkan, aplikasi transportasi online menyediakan fitur pelacakan kendaraan yang Anda minta. Kendati sepele, fakta bahwa Anda bisa melihat dimana lokasi pengendara berada memberikan pengalaman yang unik dan membuat Anda seolah dilibatkan lebih jauh dan tidak diabaikan.

Selain mengenai pengalaman unik yang membuat aplikasi Anda berbeda dari yang lain, Anda juga tidak boleh mengabaikan faktor kemudahan bertransaksi termasuk memasukkan fitur pembayaran terkini. Mintalah penyedia jasa pembuatan aplikasi ecommerceyang Anda pilih untuk menyertakan fitur pembayaran terkini. Integrasi fitur pembayaran secara fisik dan digital mungkin perlu dilakukan untuk kian memudahkan proses transaksi.

2. Integrasikan Aplikasi ke Toko Online Maupun Fisik

Apakah toko fisik masih diperlukan? Tentu saja masih diperlukan. Jika tidak atau belum memiliki, wajar-wajar saja. Namun, perlu Anda ingat jika strategi bisnis digital makin hari semakin menitikberatkan pada pengalaman berkesan. Hanya saja diperlukan integrasi dan kombinasi antara toko fisik, toko online, dan tentu aplikasi ecommerce. Digitalisasi toko fisik dapat dilakukan dengan membuat barcodes 2D, fitur augmented reality, dll.

3. Rekrut Tim yang Profesional

Mulailah mengevaluasi tim bisnis Anda dan pisahkan tim ecommerce untuk website dan ecommerce untuk aplikasi. Keduanya tidak boleh dicampurkan karena penanganan kedua hal tersebut berbeda. Rekrut para profesional yang ahli dalam menguasai aplikasi ecommerce dan bagaimana mengembangkannya. Yang direkrut bukan hanya ahli IT dan ahli pemasaran saja, tetapi juga sampai customer service.

4. Indikator Kesuksean yang Tepat

Anda bisa menempatkan jumlah download dan resepsi yang baik dari konsumen sebagai indikator kesuksesan. Sayangnya, indikator tersebut dangkal dan mungkin tidak begitu berpengaruh pada penjualan. Perlu diingat, sebuah aplikasi harus mampu mengkonversi pembeli, termasuk pengalaman apa yang didapatkan dari aplikasi tersebut. Salah satu cara yang cukup ampuh untuk mengukur hal tersebut adalah melalui media sosial.

5. Uji, Gagal, dan Uji Lagi hingga Sukses

Jangan pernah berhenti untuk menguji. Setelah mengoptimalkan pengguna mobile dan kebiasaan yang sering dilakukan, dan menerapkan strategi lainnya, jangan cepat puas. Perilaku konsumen dan pengalaman konsumen adalah hal dinamis dan dapat berubah sesuai dengan perubahan zaman. Jangan ragu untuk menginvestasikan uang dan waktu ke bagian riset dan pengembangan untuk mampu beradaptasi dengan tren perilaku konsumen.

Cara Membuat Aplikasi Ecommerce Berkualitas

Manfaat dan keuntungan aplikasi ecommerce tersebut hanya bisa Anda rasakan dengan memiliki dan mengembangkan aplikasi ecommerce yang berkualitas. Untuk mendapatkannya memilih kontraktor IT yang berpengalaman dan telah menangani klien-klien kelas berat wajib Anda lakukan. Diantara sekian banyak perusahaan pembuat aplikasi mobile, Lumira adalah kontraktor IT yang paling direkomendasikan.

Lumira mampu membuat beragam jenis aplikasi mobile, dari aplikasi travel hingga aplikasi ecommerce. Untuk kualitas aplikasi, tidak ada keraguan terlebih Lumira bertanggung jawab membuat aplikasi mobile untuk Sejasa, AYANA Hotel, dan Kulina. Perusahaan jasa pembuatan aplikasi ecommerce ini juga menyediakan jasa lain yang berhubungan IT dan pemasaran digital, diantaranya SEO, kompresi data, dan data mining.

Lumira International
Lumira International Lumira adalah IT Contractor di bidang Jasa Pembuatan Aplikasi Custom Profesional Android & iOS di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung & Surabaya. Memiliki kualitas Mobile Apps Development kelas dunia serta dilengkapi dengan Engineer yang handal & berpengalaman.

Hai, ada yang bisa di bantu ?

Chat with us on WhatsApp